Peduli pemanasan global KBRI New Delhi meriahkan Tree Sapling Plant Program

By Admin

nusakini.com--Dalam rangka merayakan Earth Day, KUAI KBRI New Delhi, Dalton Sembiring berpartisipasi dalam kegiatan Tree Sapling Plant Program dengan tema "Global Environment and Climate Literacy" yang diselenggarakan atas kerjasama NGO, The Climate Reality Project-India dengan Paharpur Business Centre, New Delhi bertempat di Modern School, Poorvi Marg, Vasant Vihar, New Delhi-110057.  

Kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap lingkungan, iklim dan tindak lanjut dari hasil Conference of Parties (COP) yang diselenggarakan di Paris tahun 2015 silam. Konferensi ini melahirkan Paris Agreement yang menetapkan tanggal 22 April 2016 sebagai Earth Day (Hari Bumi) sedunia. 

Penanaman pohon ini juga merupakan bentuk kepedulian kolektif untuk mengurangi dampak pemanasan global yang diimplementasikan melalui aksi nyata dengan menanam pohon oleh setiap lapisan masyarakat. Selain komunitas diplomatik, kegiatan ini juga diikuti oleh unsur pelajar, pemerintah, pengusaha, organisasi pencinta lingkungan serta akademisi.  

Disampaikan oleh KUAI KBRI Dalton Sembiring saat interaksi dengan pelajar dan tamu undangan, bahwa perlu kiranya membangun komitmen yang solid oleh semua pihak guna merealisasikan program penghijauan, tidak hanya di New Delhi namun kota-kota lain di seluruh dunia. Hakikatnya bumi merupakan tempat tinggal manusia, maka sudah menjadi kewajiban untuk melestarikannya. 

Dia juga menghimbau sekaligus mengajak para pelajar untuk berkontribusi sedini mungkin untuk menyelamatkan lingkungan dengan mengutamakan faktor estetis, orologis, hidrologis, klimatologis, edaphis, ekologis, protektif dan memberi manfaat hygienis bagi kelangsungan ekosistem. ​ 

Kegiatan ini melibatkan sebanyak 21 sekolah di Delhi yang menargetkan penanaman lebih dari 200 pohon. Pada tahun 2016 lalu, sebanyak 100 bibit pohon ditanam oleh sekitar 35 perwakilan negara di Nehru Place Green Park. (p/ab)